WELCOME NIL SUDAN

SELAMAT DATANG DI PUSAT INFORMASI SEPUTAR BERITA SUDAN

30 Jan 2016

PROFIL KAMPUS SUDAN

International University of Africa, Khartoum- Sudan
Kampus International University of Africa merupakan salah satu Universitas Swasta dibawah Kementrian Riset & Perguruan Tinggi di Sudan. namun awal mula didirikan kampus ini masih berstatus Instute Agama Islam Africa yang secara khusus untuk orang-orang Africa dalam jenjang pendidikan SMP/MTS dan SMA/MA pada tahun 1966. Bertahap mulai transisi dari Instute Agama Islam Africa hingga menjadi ke Islamic Center of Afrika pada tahun 1977. Lambat laun melihat perkembangan perguruan tinggi didunia islam sangat dibutuhkan , hingga pada tahun 1991 pemerintah sudan berinisiatif untuk diluncurkan sebuah kampus atau Universitas Islam diAfrica , dan pada saat yang sama negera-negara teluk merespon apa yang di inginkan oleh Pemerintah Sudan pada saat itu.. diantaranya: Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Libya,Qatar,UEA (Dubai) dan Kerajaan Maroko. hingga saat ini menjadi nama asli International University of Africa yang bertempat di ibukota Negera Sudan yaitu, Khartoum.
Nama Kampus International University of Africa merupakan salah satu Universitas yang paling banyak memberikan peluang Beasiswa kepada Mahasiswa Asing yang setiap tahunnya mencapai ribuan. terbukti sampai saat ini tercatat hampir 80 Negara kurang lebih yang sudah belajar di kampus tersebut dan menjalin kerjasama , yang terbagi dari benua Africa, Eropa & Asia yang sudah melanjutkan Studi diberbagai Program Pendidikan di Universitas tersebut. termasuk Indonesia..
Menurut Informasi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan Studi ke Sudan khusus Program Sarjana (S1) baik melalui tes beasiswa Kementrian Agama RI dan beberapa Yayasan Indonesia yang sudah melakukan kerjasama diberbagai University di Sudan, rata-rata mengambil di International University of Africa Sudan, dikarenakan sudah disediakan Asrama Mahasiswa, dll. Sedangkan untuk program Pascasarjan beberapa tahun ini khusus mahasiswa Indonesia hanya sedikit untuk melanjutkan studinya. .disamping itu pihak kampus menyiapkan kelas persiapan kelas Bahasa arab selama satu tahun yang terbagi 3 semester, bagi mahasiswa asing yang belum dan mampu untuk berbahasa arab yang baik dan benar sebelum memasuki program S1.
sejak berdiri pada tahun 1966 dengan berbagai perobahan kampus ini sudah hampir 16 Fakultas baik di dalam negeri maupun diluar sudan.diantaranya:
1. Faculty of Islamic Studies
2. Faculty of Medicine
3. Faculty of Sharia
4. Faculty of Pharmacy
5. Faculty of Education
6. Faculty off Nursing
7. Faculty of Art
8. Faculty of Oral
9. Faculty of Economic
10. Faculty of Metals
11. Faculty of Enginerring
12. Faculty of Comunication
13. Faculty of Sciences
14. Faculty of Agriculture
15. Faculty of Computer
16. Faculty of Laboratory
Untuk lebih lanjut tentang Informasi Kuliah di International University of Africa- Sudan. Informasi lainnya bisa melalui Website Resmi Kampus dengan Alamat:http://www.iua.edu.sd/ar/ atau
Video Profil http://www.iua.edu.sd/ar/index.php?option=com_content&view=article&layout=edit&id=758


University of The Holy Qur’an and Islamic Sciences, Khartoum- Sudan
University of The Holy Qur’an and Islamic Sciences adalah satu Universitas Negeri dibawah Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Pemerintah Sudan. 
sejarah awal mula didirikan kampus ini pada tahun 1981 Universitas hanya ada Fakultas Ilmu Alqur’an & Ilmu Bahasa serta pada tahun 1983 didirikan Lembaga Instute Omdurman. kemudian pada tahun 1991 secara Resmi diangkat oleh Pemerintah Nasional Keselamatan Revolusi Sudan menjadi Universitas.
hingga saat ini jumlah Mahasiswa Indonesia di Universitas ini tiap tahunnya semakin banyak di berbagai Program Sarjana baik S1 sampai S3, yang terbagi dari Asia terutama, Indonesia, Thailand dan sebagian Mahasiswa Asing lainya di negera-negara Africa lainnya.. hingga saat ini terdapat 11 Fakultas dan lembaga diantaranya:
1. Faculty of Holy Qur’an
2. Faculty of Education
3. Faculty of Sharia
4. Faculty of School Languange
5. Faculty of Arabic Language
6. Faculty of Community
7. Faculty of Daawa & Information
8. Faculty of Postgraduate Studies
9. Faculty of Social Sciences
10. Faculty of Computer
11. Faculty of Economic & Administrative Sceinces
Sebagai Informasi Mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi Program Pascasarjana dibidang keagamaan dan Ilmu Bahasa Arab baik lulusan Indonesia ataupun lulusan Timur Tengah lainnya. kebanyakan melanjutkan di kampus tersebut.
Untuk lebih lanjut tentang Informasi Kuliah di University of The Holy Qur’an and Islamic Sciences- Sudan. Informasi lainnya bisa melalui Website Resmi Kampus dengan Alamat:http://www.quran-unv.edu.sd/ar/
Omdurman Islamic University, Khartoum- Sudan
Universitas Islam Omdurman merupakan salah satu Universitas Negeri dbawah Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi Sudan.
 Awal mula terbentuknya nama Kampus ini dimulai pada tahun 1901 yang diawali dengan perkumpulan sekelompok para ulama dan para pemikir ilmu pengetahuan Sudan pada saat itu. untuk mendirikan sebuah lembaga Islam. diantaranya mendirikan Lembaga Studi Islam dan Ilmu Bahasa. sehingga pada tahun 1912 M. 
resmi menjadi sebuah kampus. yang kedua disudan setelah Universitas Khartoum.hingga saat ini udah hampir 100 tahun kampus ini sudah hampir memiliki 19 Facultas dan 5 lembaga pusat penelitian lainnya baik didalam Negeri hingga diluar Sudan.
Berikut 19 Facultas dan Lembaga Riset yang ada di Omdurman Islamic University in Sudan, diantaranya:
1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
2. Fakultas Syariah & Hukum
3. Fakultas Human Development
4. Fakultas Fharmasy
5. Fakultas Bahasa Arab
6. Fakultas Sastra
7. Fakultas Sains & Teknologi
8. Fakultas Ilmu Keperawatan
9. Fakultas Da’wah
10. Fakultas Ilmu Teknik
11. Fakultas Pertanian
12. Fakultas Pascasarjana
13. Fakultas Ilmu Informasi
14. Fakultas Pascasarjana
15. Fakultas Ilmu Pengetahuan Medical Laboratory
16. Fakultas Ekonomi & Ilmu Politik
17. Fakultas Usuluddin
18. Lembaga Riset Islam dan Ilmu Pengetahuan ( Ma’had Buhus)
19. Fakultas Ilmu Administrasi
Sebagai Informasi Mahasiswa Indonesia yang melanjutkan Studinya dikampus ini.. kebanyankan di Program Pascasarjana khusus Bidang Keagamaan dan sebagian mahasiswa melanjutkan program di sarjana (S1) melalui Beasiswa Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi Pemerintah Sudan, melalui Lembaga Sosial Masyarakat yang langsung menanggani Mahasiswa Asing. disamping kampus-kampus Negeri lainnya di seluruh Provinsi di Sudan.
Untuk Informasi lebih lanjut tatacara mengenai Studi di Universitas tersebut bisa melalui Website Resmi Kampushttp://oiu.edu.sd/.
Singkat Universitas of Bakhtalruda – Sudan.
Universitas of Bakhtalruda adalah sebuah Universitas di kota Ad Dowiem , di Provinsi NIl Abyad (Nil Putih), antara Kota Khartoum dan Kosti dengan perjalanan sekitar 3 Jam dengan Mengunakan angkutan Umum. 
Universitas Negeri ini didirikan berdasarkan keputusan konstitusional yang dikeluarkan oleh Presidensi Republik Sudan ( Umar Hasan Al Basir) pada 2 Shawal 1417 , atau 1 Maret 1997. dan Ini adalah sebuah universitas anggota dari Federasi Universitas Dunia Islam. Hingga September 2011, 
Universitas adalah anggota dalam performa yang baik dari Asosiasi Universitas di Afrika.dan saat ini Mahasiwa Indonesia di kampus tersebut kebanyakan mengambil di Program Pascasarjana Meliputi Fakultas Tarbiyah & Adab dari 3 tahun terakhir.. Sejak berdiri hingga saat ini kampus tersebut sudah memiliki 9 Fakultas & Lembaga Instute diantaranya:
1. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan
2. Fakultas Tarbiyah Naima
3. Fakultas Sains
4. Fakultas Ekonomi & Ilmu Administrasi
5. Fakultas Pertanian dan Sumber Daya Alam
6. Fakultas Adab
7. Fakultas Tarbiyah Bakhtalruda
8. Fakultas Pengembangan Masyarakat (Unit Usaha)
9. Fakultas Tarbiyah Mabrouka
Untuk Informasi Lebih Lanjut bisa mengunjungin halaman Website Kampus: http://www.bakhtalruda.edu.sd/index.php?lang=ar atau Profil singkat Video :https://www.youtube.com/watch?v=x1MYoWQURiU
Untuk seluruh Informasi lebih lanjut mengenai Profil” University di Sudan, bisa melalui Sosial Media#sidik_mustaqim dibawah ini.
1. Facebook (https://www.facebook.com/profile.php?id=100000517097504)
2. Instagram: https://instagram.com/sidik_mustaqim/
3. Twitter : https://twitter.com/Sidik_2011
4. Youtube :https://www.youtube.com/channel/UCccjAMZ2VzHz2XCCgWE_pgQ
By. Sidik Mustaqim
Mahasiswa Indonesia Asal Prov Jambi
 Fakultas Syariah IUA- Sudan.